8 Keutamaan Bilal bin Rabah RA

8 Keutamaan Bilal bin Rabah RA

8 Keutamaan Bilal bin Rabah RA

Bilal bin Rabah RA adalah seorang budak yang memeluk agama Islam sehingga ketika bilal masuk islam majikannya memberikan siksaan yang sangat luar biasa agar bilal kembali ke agama majikannya.Namun itu semua tidakk membuat Bilal bin Rabah goyah dan tetap kokoh untuk memeluk agama islam.

Selama dalam dakwah Rasulullah SAW, Bilal bin Rabah di di kenal dengan muazin yang pertama kali yang mengumandangkan adzan dalam sejarah islam. Sehingga ketika Rasulullah SAW wafat Bilal bin Rabah meninggalkan  Madinah.

1.Memiliki Iman yang Kuat

Pada saat Bilal Bin Rabah memeluk islam pada saat itu Bilal Bin Rabah sedang menjadi budak. Tidak hanya itu Bilal Bin Rabah juga mendapatkan siksaan dari tuanya dan di paksa untuk meninggalkan agama islam dan kembali untuk menjadi oeang kafir.

Akan tetapi walaupun Bilal Bin Rabah di siksa bahkan tuanya melakukan banyak hal untuk menyakitinya namun Bilal Bin Rabah tetap teguh dan istiqomah dengan pendirianya untuk tetap memeluk agama islam.

2. Muazin Pertama dalam Islam

Bilal Bin Rabah mempunyai suara yang sangat merdu, indah dan lantang. Bahkan di dalan sebuah hadist di ceritakan bahwa Rasulullah SAW bersabda bahwa pernah mendengar suara Bilal Bin Rabah di Surga.

3. Mengabdi Sepanjang Hidup

Selain itu Bilal Bin Rabah juga menjadi pengikut dan pelindung Rasulullah SAW semasa Bilal Bin Rabah hijrah ke Madinah. Kemudian Bilal Bin Rabah tinggal dengan Abu Bakar dan Amin bin Fath. Bilal Bin Rabah juga mengikuti perang Badar dan melihat kekuasaan Alllah SWT dalam menolong umat muslim dalam peperangan.

4. Mendapat Jaminan Surga

Bilal Bin Rabah melalui hari harinya dengan melakukan ibadah dan amal kebaikan. Hal ini juga di sebutkan di dalam sabda Rasulullah SAW bahwa mendengar langkah kakinya di  depan surga.

Selain itu Bilal Bin Rabah juga selalu melakukan perintah Allah SWT dan Rasulullah SAW serta mengajarkan dan mengamalkan kepada orang lain. Selain itu Bilal Bin Rabah juga menjadi motivasi oleh budak yang lain untuk memmeluk agama islam walaupun mendapatkan pertentangan dari  majikannya.

5. Ahli Wudhu

Ketika Bilal Bin Rabah mempunyai hadast beliau segera berwudhu. Sehingga dalam hal ini beliau menjadi salah satu orang yang ahli dalam menjaga wudhu. Bilal Bin Rabah terus menerus menjaga wudhu dan tetap istiqomah.

6. Mendapat Hadiah Istimewa dari Rasulullah

Bilal Bin Rabah merupakan sahabat Rasulullah SAW yang sayangi karena kesetiannya dan ketulusannya. Karena hal ini Bilal Bin Rabah mendapatkan hadiah istimewa dari Rasulullah SAW berupa tombak yang kemudian Bilal Bin Rabah bawa kemana mana.

7. Rendah Hati

Bilal Bin Rabah merupakan  sahabat Rasulullah SAW yang sangat di sayangi beliau. Selain itu Bilal Bin Rabah memiliki warna kulit yang hitam. Hal ini menyebabkan Bilal Bin Rabah mendapatkan cacian dan makian karena warna kulitnya. Hal ini di karenakan pada masa itu dimana sebagian orang arab berkulit putih.

Namun hal ini tidak membuat Rasulullah SAW membedakan seseorang karena fisiknya. Bahkan Bilal Bin Rabah menjadi sahabat kesayangan Rasulullah SAW. Walaupun begitu Bilal Bin Rabah tetap rendah hati di hadapan sahabat dan umat Rasulullah SAW pada saat itu.

8. Sangat Menyayangi Rasulullah

Bilal Bin Rabah sangat menyayangi Rasulullah SAW, bahkan ketika Rasulullah SAW wafat  Bilal Bin Rabah hanya mengumandangkan adzan dan ketika mengumandangakan Bilal Bin Rabah menangis karena kerinduanya kepada Rasulullah SAW, bahkan umat muslim lainya. Kemudian sejak saat itu adzan di gantikan oleh sahabat Rasulullah SAW yang lainnya.

Disarikan oleh redaktur dari kisahsejarah.id

Gambar : shorturl.at/vzHU3